This is an outdated version published on 2025-07-10. Read the most recent version.

Pengaruh Pelaksanaan Praktik Laboratorium Kilinik Model Tutorial Terhadap Nilai Ujian Intranatal Care Pada Mahasiswi Tingkat Ii Semester IV Di STIKES Panca Bhakti Pontianak Tahun 2025

Authors

  • Ivan Harwin Utama STIKES Panca Bhakti Pontianak

Keywords:

Praktikum, Mahasiswi, Dosen, Keaktifan, Nilai INC

Abstract

Abstrak: Pelaksanaan praktik laboratorium klinik merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar mengajar yang dimaksudkan untuk memantapkan penguasaan materi bersifat aplikatif, sedangkan tutorial merupakan cara menyampaikan bahan pelajaran yang telah dikembangkan dalam bentuk modul untuk di pelajari secara mandiri.Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pelaksanaan Praktik Laboratorium Klinik Model Tutorial Terhadap Nilai INC pada Mahasiswi Tingkat II Semester IV di STIKES Panca Bhakti Pontianak Tahun 2025. Dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif Korelasi dengan metode Cross Sectional dengan jumlah responden sebnayak 124 responden pada mahasiswi tingkat II semester IV yang telah melakukan praktik tutorial INC yang ada di STIKES Panca Bhakti Pontianak pada bulan maret 2025. Penelitian ini menggunakan analisis data Univariat dan Bivariat. Analisis Univariat distribusi frekuensi tingkat kehadiran mahasisiwi, hampir seluruh responden (90%) tingkat kehadirannya baik, Distribusi frekuensi tingkat keaktifan mahasisiwi, hampir seluruh responden (81%) keaktifannya baik, Distribusi frekuensi tingkat kehadiran dosen, sebagian besar responden (79%) kehadiran dosennya baik. Analisis Bivariat dengan uji Chi Square X2 hitung (2.33) < X2 tabel (5.991), dan uji SPSS (0.446)>(0.05) artinya tidak pengaruh kehadiran mahasiswi dengan nilai INC. X2 hitung (17.34)>X2 tabel (5.991), uji SPSS (0.000)<(0.05) artinya ada pengaruh keaktifan mahasiswi dengan nilai INC.X2 hitung (1.015) < X2 tabel (5.991), dan uji SPSS (0.469)>(0.05) artinya tidak ada pengaruh kehadiran dosen dan nilai INC. Jadi kesimpulannya adalah tidak ada pengaruh pelaksanaan praktik laboratorium klinik model tutorial terhadap nilai INC. Dari hasil penelitian walaupun menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara kehadiran mahasiswi dan dosen terhadap nilai INC diharapkan mahasiwi tetap disiplin terhadap kehadiran dalam jadwal tutorial agar dapat mentransfer ilmu dengan baik, agar mahasiswi lebih aktif dan giat lagi dalam belajar guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Downloads

Published

2025-07-10

Versions