PENGARUH EDUKASI MEDIA VIDEO ANEMIA TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA REMAJA PUTRI DI SMK TORSINA SANGGAU
DOI:
https://doi.org/10.33486/jurnalkebidanan.v14i2.264Keywords:
Kata kunci: Edukasi, Anemia, Remaja Putri.Abstract
Latar Belakang: Remaja putri berisiko tinggi mengalami anemia akibat siklus menstruasi bulanan. Di Kabupaten Sanggau, prevalensi anemia pada remaja putri mencapai 46,20%, tergolong tinggi menurut WHO (lebih dari 40%). Salah satu strategi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pencegahan anemia adalah melalui edukasi melalui media video animasi yang sesuai dengan karakteristik audiens.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pendidikan melalui media video mengenai anemia terhadap pemahaman remaja putri tentang kondisi anemia di SMK Torsina.
Metode: Desain penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan pra eksperimen dalam satu kelompok (one group pretest and posttest without control). Penelitian ini melakukan analisis data dengan menerapkan uji Wilcoxon untuk menguji kebenaran hipotesis yang diajukan dengan jumlah populasi sebesar 70 siswi dan sampel sebanyak 45 responden.
Hasil penelitian: Pengetahuan remaja putri sebelum diberikan edukasi memakai media video anemia dengan nilai median 46,67, serta pengetahuan remaja putri sesudah diberikan edukasi memakai media video anemia dengan nilai median 80,00. Presentase peningkatan pengetahuan 33,33%. Hasil uji Wilcoxon didapati nilai p-value sebesar 0,000 <0,05. artinya terjadi perubahan yang signifikan pengetahuan anemia remaja putri stelah di berikan edukasi menggunakan media video.
Simpulan: adanya pengaruh edukasi media video anemia terhadap pengetahuan anemia remaja putri.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2024-10-30 (5)
- 2024-10-30 (4)
- 2024-10-30 (3)
- 2024-10-30 (2)
- 2024-10-30 (1)